7 SMA Berasrama Terbaik Se-Jawa Timur

7 SMA PESANTREN TERBAIK SE-JAWA TIMUR
(Versi Telban 2016)

High School (Sekolah Menengah) semakin menunjukkan perkembangan di dunia pendidikan. Pada saat ini, sering terdengar tentang pendirian sekolah tingkat menengah dengan sistem boarding/asrama. Ini membuat sekolah-sekolah lain yang menggunakan sistem parsial berubah mengikuti trend yang ada. Bahkan masyarakat telah mendegradasikan makna pesantren. Mereka lebih menyukai nama boarding dari pada nama lawas. Pesantren sering diidentikkan dengan makna pemondokan dengan perlakuan tradisional sedangkan boarding diartikan modern, sophisticated, bahkan internasional.
Berbicara mengenai asrama tidak bisa lepas dari daerah Jawa Timur yang santer menjadi pusat basis pemondokan. Hal itu didukung dari banyaknya tokoh cendekiawan islam yang berasal dari daerah tersebut seperti Gus Dur, Hasyim Asy’ari, Ainun Najib, dan yang lainnya, sehingga banyak berdiri pondok pesantren.
Bagi sahabat-sahabat Telbanners, penulis kali ini memberikan review  mengenai 7 Pesantren Modern Terbaik Se-Jawa Timur menurut observasi lapangan dan digital. Hal ini untuk memberikan informasi khususnya bagi para pencari sekolah terbaik dan stakeholders yang lain.
 1SMA Pesantren Gontor

Pondok Pesantren Gontor yang telah banyak meluluskan siswa ini terletak di kabupaten Ponoroga, berdiri pada 10 April 1926. Pondok ini didirikan oleh KH Ahmad Sahal, KH. Zainudin Fananie, KH. Imam Zarkasy. Seiring dengan berjalannya waktu, pondok ini berkembang menjadi modern terinspirasi dari Sir Syed Ahmad Khan founder  Aligarh Muslim University, India.
Ciri khas dari pondok ini adalah terkenal dengan kokoh dan konsistennya penerapan kedisiplinan melalui pembiasaan keseharian. Sistem telah dilaksanakan berdasarkan konsistensi senioritas sehingga terjalin hubungan kemandirian antara senior dengan juniornya.
Yang disorot pada pembahasan kali ini adalah pendidikan SMA di Gontor. SMA Gontor terkenal dengan modern atau dinilai go international oleh penulis karena kesuksesannya dalam menerapkan bahasa Inggris dan Arab. Banyak sekali lulusan yang memiliki keterampilan bahasa internasional tersebut karena sudah menjadi syarat kelulusan.
Buktinya sudah nyata bahwa SMA ini patut mendapat peringkat terbaik  atau patut dipertimbangkan. Diantara lulusannya adalah Din Syamsuddin, Emha Ainun Najib, Nurcholis Majid, bahkan yang pada saat ini menjabat sebagai Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin.
Jika melihat bangunannya, terlihat megah khususnya pembangunan Masjidnya.  Tidak perlu diragukan lagi karena pondok ini termasuk pondok era lama sehingga dipastikan mengalami pembangunan seiring waktu.
Yang menjadi pertimbangan adalah membludaknya peminat atau siswa yang ingin belajar di sana. Apakah daya tampungnya seimbang dan memadai berdasarkan rasio jumlah siswa dengan fasilitas tempat tidurnya? Apakah berfasilitas AC dan tempat tidur spring bed? Penulis menyarankan untuk mencari informasi lebih lanjut kepada person in charge-nya di sana.
 2SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Peterongan

SMA Darul Ulum 2 didirikan  pada tahun 1994 dibawah naungan Pondok Pesantren Darul Ulum (Rejoso). SMA ini dibangun untuk menjawab tantangan Era Globalisasi  bekerjasama  dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). SMA ini menerapkan tiga kurikulum yakni kurikulum pondok, kurikulum nasional, dan kurikulum Cambridge.
Yang menjadi karakter utama sekaligus marketing issue pada sekolah ini adalah Cambridge Curriculum. Banyak sekolah pada masa ini mengajukan program ini, namun tidak mudah  untuk mendapatkan atau menjadi sekolah berbasis kurikulum negara Ratu Elizabeth ini. Pasalnya, banyak sekali persyaratan yang harus dipennuhi oleh sekolah dari sistem ruangan hingga konsistensi tes, bahkan ukuran dan jarak bangku pun harus sesuai dengan hitungan sistem pendidikan ini. Kalau sudah menjadi sekolah dengan sistem ini, maka daya pasar tidak perlu dibuat repot. Siswa akan datang sendiri. Dengan sistem ini, lulusan dapat diterima dimana-mana, apalagi untuk bersekolah di luar negeri.
Bangunan sekolah ini sekarang sudah representatif. Gedung biru dan besar tampak dari rel kereta api itu menunjukkan bangunan yang cukup megah dengan plakat Cambridge di depannya. Fasilitasnya pun sudah mulai lengkap seperti lapangan sepak bola, lapangan basket, dan area penelitian. Kalau menyorot fasilitas  akademik, tidak perlu diragukan lagi. Karena berbicara Cambridge, pasti fasilitas akademiknya harus standarisasi Cambridge.
 3MBI Amanatul Ummah Pacet - Mojokerto

Madrasah Bertaraf Internasional Ammanatul Ummah terletak di Jl. Tirtowening No. 2 Ds.Kembang Belor, Kecamatan Pacet, Kab. Mojokerto. Madrasah ini memiliki program khusus atau unggulan yang terakreditasi “A”. Tingkat kelulusannya 100% dan 98% diterima Perguruan Tinggi Negeri, serta banyak diantaranya yang mendapatkan beasiswa.
Program yang diandalkan dan menjadi power adalah menggunakan kurikulum Nasional, Kurikulum Al-Azhar (Kairo), dan kurikulum Cambridge. Lulusannya akan memiliki ijazah Nasional, Ijazah Al-Azhar, dan Ijazah Cambridge. Para siswa yang lulus sudah dipastikan dan dimudahkan untuk mencari universitas yang diinginkan. Lebih lagi untuk mengenyam pendidikan di luar negeri.
Gedung yang dimiliki cukup besar dan memiliki luas sekitar 5-6 Ha. Berdiri di lereng bukit menghadirkan hawa sejuk dan asri sehingga pembelajaran terasa nyaman. Banyak orang berkata, belajar di daerah pacet tidak memerlukan AC (air conditioner).
4.   SMA Luqman Al Hakim
SMA Luqman AL Hakim berlokasi di Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Mulyorejo Kota Surabaya, yang dibawah naungan Pondok Pesantren Hidayatullah. SMA ini dibangun pada 25 Desember 1996. Sekolah ini juga mengadopsi konsep pendidikan integral dari aspek aqliyah, ruhiyah, dan jismiyah.
Tahun demi tahun, pembangunan dilakukan sehingga menjadikan sekolah ini berkembang dan diganderungi masyarakat. Perlengkapan sarana dan prasarana pun juga digalakkan demi menjawab tuntutan sekolah boarding.
 5SMATRENSAINS Tebuireng – Jombang
SMA Trensains merupakan sekolah yang didirikan oleh Yayasan Hasyim Asy'ari  Pondok Pesantren Tebuireng 2 Jombang. Trensains (Pesantren Sains) menjadi konsep pendidikan yang tidak menggabungkan materi pesantren dengan ilmu umum sebagaimana pesantren modern. SMA ini mengambil kekhususan dari Al-Quran, Al-Hadist, Kealaman (Natural Science), dan interaksinya.
Sekolah ini membentuk rombongan belajar efektif dimana masing-masing kelas tidak lebih dari 24 siswa. Itu berarti siswa memiliki keterjaminan dalam belajar.
Memang benar kalau Kabupaten Jombang menjadi basis pendidikan. Buktinya, tidak kalah dari yang lainnya bahwa SMA Trensains juga terdaftar memiliki sertifikasi Cambridge. Ini menjadi daya gedor sekolah untuk lebih mudah berprestasi dalam menyalurkan peserta didik ke jenjang selanjutnya.
Walaupun tergolong sekolah yang baru dibangun, tetapi tenaga pendidik dan yayasannya berpengalaman. Banyak orang besar yang dilahirkan dari lembaga tersebut, Gus Dur sebagai contohnya.
6. SMA Mambaul Ihsan Boarding School – Mojokerto

Mambaul Ihsan Boarding School berdiri di Jl. Wringinrejo – Pekuncen, Kota Mojokerto. SMA ini baru saja dibangun. Jika melihat bangunannya, terlihat gedung kaca kehijauan nan indah di samping jalan raya.
Meskipun masih baru, SMA ini menjadi buah bibir yang indah di area Jawa Timur dan patut untuk dipertimbangkan bagi anak didik baru. Untuk sementara yang menjadi ciri khas adalah bangunan mentereng itu. Ditambah lagi dengan tagline yang mengusung “Mondok itu menyenangkan”.
Para siswa baru pasti akan mendapatkan pelayanan yang utama karena sekolah ini tergolong sekolah baru. Siswa pun akan dapat membentuk karakter sekolah. Sekolah baru biasanya menghadirkan pengalaman yang menyenangkan.
7. SMA AL-IZZAH (Al-Izzah International Islamic Boarding School) Batu
SMA Al-Izzah terletak di Jl. Indragiri Gg. Pangkur.No. 87Sumberjo – Batu, Jawa Timur. Sekolah itu berada di daerah yang sangat dingin, hampir saja AC tidak difungsikan karenasangat dinginkondisinya.
Tagline yang diambil adalah Taqwa, Cerdas, dan Mandiri. Melalui tagline tersebut, sekolah menggariskan kurikulum menuju esesi pendidikan tersebut.
Untuk memasuki SMA ini harus melalui tahapseleksi yang sangat ketat. Hal itu tercermin dari banyaknya prestasi yang telah diraihnya.



Comments

  1. Sungguh akan membantu para khalayak para pencari sekolah terbaik apabila lebih diperbanyak referensi sekolahnya. karena banyak sekali sekarang ini sekolah yang mengatas namakan modern boarding tetapi perlakuan dan treatmennya masih klasik, apa lagi sekolah yang mengatasnamakan boarding tetapi disitu banyak sekali program bisnis. Sedikit-sedikit orang tua diundang untuk urusan keuangan. Bahkan juga ada sekolah yang isinya adalah program pemasokan ilmu sebanyak-banyaknya. Anak tidak diberikan waktu istirahat, yang kerap kata muridnya adalah sebagai penjara suci.

    ReplyDelete
  2. Wah semoga menginspirasi kami yang sedang mencari sekolah. Sekolah menurut kami kaula muda adalah yang mengerti bagaimana mengatur dan sabar membimbing. karena kebanyakan sekolah hanya manis di mulut dan di promosi saja. Mereka gencar memaniskan apa yang mereka miliki namun kami yang telah merasakan pahit dunia perboardingan, malas mempercayai. Enakan sekolah negeri yang cukup belajar sedikit namun bisa adil dan tidak keras kepada anak didiknya.

    ReplyDelete
  3. Thx gan informasinya :)

    ReplyDelete
  4. Mohon info, apakah Mambaul Ikhsan ada tingkatan SMAnya?

    ReplyDelete
  5. Terima kasih artikelnya membantu sekali

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

The most expensive school in Indonesia

Trik Menghadapi Anak Didik Masa Kini