Variasi Media Pendukung Pembelajaran Daring Kekinian

Media Pendukung Pembelajaran Daring Kekinian


Sahabat pendidikan, menilik kondisi saat ini (saat tulisan ini dimuat) terkait pembelajaran pada masa Darurat Bencana Covid 19, banyak lembaga pendidikan dan guru memanfatkan sarana pendukung untuk mendukung pembelajaran bersama siswanya. Ini mendukung keputusan nasional yang dilakukan oleh pemerintah bahwa pemerintah menerapkan lembaga pendidikan untuk menggunakan metode WFH (Work From Home). Pertanyaannya, apakah anda sudah siap dengan media dan konsekuensi daya dukung media tersebut dengan kondisi anda? Lalu media apa anda sudah tahu media apa saja yang dapat anda pergunakan? Berikut kami berikan ulasan tentang media pembelajaran yang bisa anda gunakan.
A.      Daya dukung eksternal
1.      Rumah Belajar
Rumah belajar menjadi aplikasi tempat belajar resmi yang disediakan oleh Kemdikbud. Ini menjawab tantangan kekinian bahwa pemerintah sudah mencanangkan media pembelajaran online untuk sumber belajar siswa Indonesia.
Fitur yang disediakan dalam aplikasi ini meliputi Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis. Melalui aplikasi tersebut anda dapat mengarahkan siswa anda dalam laman tersebut. Untuk aplikasinya anda dapat klik…
2.      Meja Kita
Aplikasi meja kita ini juga tidak kalah layanannnya dari aplikasi lainnya. Aplikasi ini mendukung pembelajaran daring anda. Fitur yang dapat diakses meliputi berdiskusi PR, soal dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya. Anda dapat menjelajah materi-materi melalui www.mejakita.com.
3.      Icando
Pada konsep pembelajaran yang sesuai dengan arahan pemerintah, aplikasi Icando lebih menyasar pada kurikulum 2013 yang saat ini banyak digunakan. Ini juga dapat menjadi rekomendasi untuk anda terapkan pada pembelajaran daring. Hanya saja aplikasi ini lebih cocok untuk pendidikan anak seperti PAUD dan TK karena sajiannya lebih banyak pada pembelajaran berbasis game.
4.      IndonesiaX
Program lama yang juga masih relevan di tahun ini adalah IndonesiaX yang diluncurkan pada 17 Agustus 2015. IndonesiaX telah mensupport penyediaan pembelajar bagi masyarakat melalui kursus-kursus berkualitas yang dibawakan oleh para instruktur profesional.


5.      Google For Education
Layanan pendidikan di moda Daring yang paling variatif adalah Google For Education. Ini yang banyak memberikan inovasi media pembelajaran terkhusus cocok untuk  masa Bencana Corona ini.  Portal ini menyediakan servis belajar menggunakan Chromebooks dan G-Suite yang memungkinkan pembelajaran virtual walaupun dengan daya dukung internet yang lemah.


6.      Kelas Pintar
Pada sesi selanjutnya yang juga cocok mendukung KBM Daring anda adalah kelas pintar. Caranya mudah, silahkan kunjungi www.kelaspintar.id maka anda sudah bisa mengakses layanan belajar secara Cuma-Cuma. Performanya sangat cocok dan relevan karena tersaji untuk Siswa, Guru, dan Orangtua. Materinya jug aselaras dengan materi kurikulum 2013 yang disajikan dengan interaktif.
7.      Office Microsoft Office 365
Dari Microsoft yang merupakan perusahaan besar dunia juga menyediakan layanan pembelajaran daring berupa Microsoft Office 365. Layanan yang dapat diakses adalah konsep  realtime termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Microsoft Teams, serta fitur ruang kelas lainnya. Yang perlu anda siapkan adalah alamat email dengan domain sekolah.


B.      Daya dukung internal
Sekarang kita coba ulas daya dukung internal yang dapat anda gunakan. Ada beberapa Aplikasi dengan fitur pendukung  efektif untuk anda gunakan sebagai berikut. Hanya saja, anda dapat menyediakan konten pembelajaran sendiri.
1.      Zoom
Zoom merupakan aplikasi untuk menyalurkan komunikasi berupa video yang dapat mempertemukan 2 orang atau lebih. Sarana komunikasinya efektif karena anda dapat berbicara dan melihat gambar pembicara secara bergantian.
Caranya mudah, anda tinggal download Aplikasi Zoom, kemudian undang teman anda dengan Id dan Pasword yang anda ciptakan pada aplikasi tersebut.
Kelemahannya hanya ada pada kuota. Aplikasi ini memangkas kuota yang cukup besar, maka anda disarankan untuk menggunakan Wifi.
2.      Google Class Room

Aplikasi Google Class Room termasuk bagian dari Google For Education yang juga bermanfaat untuk anda gunakan. Jika aplikasi di atas konten dari Google, namun di Google Class Room penyediaan konten pembelajaran adalah dari anda. Proses pembelajarannya simple, anda siapkan materi dalam bentuk digital berupa word atau ppt kemudian anda terapkan pada Google Class Room yang sudah ada kehadiran siswa anda di sana.
3.      Google Duo
Google Duo yang ada pada semua fitur HP kekinian juga  menyediakan sarana komunikasi untuk pembelajaran internal anda dengan siswa anda. Segera akses Google Duo anda dan undang nomor HP siswa yang ada pada h panda, catatannya adalah sudah tersimpan nomornya pada hp anda. Akses yang digunakan setelah anda mengakses Google Duo adalah melakukan video call. Di dalam video call tersebut anda dapat berinteraksi dengan siswa anda layaknya pembelajaran di dalam kelas.
4.      Instagram
Pembelajaran yang dapat menjadi inovasi adalah penggunaan IG sebagai media belajar mengajar. Manfaatkan fitur PBL (Problem Based Learning) yang outputnya ada pada Karya Siswa yang di Upload di IG. Pada saat tertentu, anda juga dapat memanfaatkan Pembelajaran Siaran Instagram. Anda melakukan siaran IG, siswa anda menanggapinya. Hanya kelemahannya adalah siswa tidak dapat membalas dengan suara.
5.      Facebook
Serupa dengan IG, Facebook juga dapat digunakan sebagai sarana untuk uploading karya. Anda dapat berkreasi dengan siswa anda untuk menciptakan karya untuk diupload di FB. FB juga dapat menggabungkan komunitas untuk dapat membentuk gurp pembelajaran. Didalamnya dapat dimanfaatkan untuk kelas belajar.
6.      Grup Whatsapp
Yang terakhir, Grup Whatsapp juga sangat mendukung. Kehandalannya adalah kecepatan dalam mengirim pesan dan sangat simple. WA panggilan tenar Whatsapp ini dirupakan sebagai pembelajaran komunitas atau grup diskusi. Anda dapat mengirim materi dalam bentuk PPT,PDF, Video dan Pesan suara untuk ditanggapi oleh siswa anda.

Kunci keberhasilan Pembelajaran Daring ini tetap pada Kemandirian Siswa dan Bagaimana Guru menginspire siswa (How to Direct Class).Demikian variasi media belajar daring yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat untuk mendukung pembelajaran anda dan siswa anda.

Comments

Popular posts from this blog

The most expensive school in Indonesia

7 SMA Berasrama Terbaik Se-Jawa Timur

Trik Menghadapi Anak Didik Masa Kini