Guru Hebat: Belajar dari TV di sekolah

My Inspiring Television

Satu program unik untuk anda yang menjadi pegiat pendidikan terutama sebagai guru. APakah anda adalah guru yang memiliki banyak waktu senggang ataukah hampir tidak memiliki waktu senggang? Yang pasti memiliki waktu senggang ataupun tidak anda tetap memikirkan anak didik anda menjadi anak didik yang maju dan memiliki pemikiran maju, bukan? Inilah yang akan menjadi inti untuk menciptakan program inovatif dan unik, yang terpenting mampu memberikan dampak terbaik untuk anak atau anak didik anda.
Yang pertama, kenalilah siapa anak didik anda di masa kini. Apakah kita pernah berpikir bahwa setiap generasi itu memiliki pola berpikir dan tingkat kecenderungan yang beda. Kalau dulu, banyak siswa mencari guru dan aktif menanyakan kabar dan tentang pelajaran kepada guru. Namun kini itu sudah tidak zamannya lagi. Banyak di kalangan mereka sudah tidak sempat menanyakan apa yang digusarkannya kepada guru. Sekarang ada Mbah Google, yakni mesin berpikir tercerdas di dunia yang paling banyak menjadi tempat bertanya dan berbagi semua individu yang memiliki gadget. Syaratnya adalah memiliki HP pintar beserta jaringan internet untuk dapat bertanya dan menggali informasi kepada beliau.

Anak super cerdas generasidigital
Era generasi digital yang memaksa anak untuk memiliki tingkat berpikir danmenyelesaikan masalahnya dengan dirinya sendiri itu hadir pada generasi masa kini. Ini memaksa orang tua untuk lebih bijak dalam proses nurturing kepada mereka. Mereka memiliki karakter ingin menyelesaikan masalah dengan cepat dan instan. Itu karena pengaruh dengan alat digital. Ini membuat mereka tidak gegabah untuk berguru kepada guru. Mereka lebih cenderung mencari informasi dari teknologi. Itulah mengapa anak sekarang selalu protes apa bila mereka di jauhkan dari gadget atau internet.
Menurut pendapat  Tuhana Taufiq Andrianto penulis buku Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber (2011), akan ada booming pertumbuhan generasi ini hingga memuncak pada tahun 2020. Mereka akan hidup dengan dunia yang canggih dari kalangan menengah hingga tingkat atas. Apa lagi dengan perkembangan tersebut semua produk teknologi akan menjadi semakin murah. Ini pasti membutuhkan perlakuan dan pengawasan super ekstra agar tidak berdampak menyeluruh.

Program andalan My Inspiring Television
Program andalan yang dapat diterapkan pada anak atau anak didik anda di sekolah adalah terobosan baru yakni My Inspiring Television. Ini lahir karena mereka selalu kurang dalam belajar untuk mencapai target yang telah ditetapkan baik oleh dirinya maupun sekolah. Pertama, karena kurangnya waktu sehingga belajar hanya dilakukan di kelas atau di perpus. Kedua, mereka tidak semuanya memiliki HP pintar, apalagi sekolah banyak melarangnya karena faktor negatifnya lebih besar, terutama pada sekolah boarding.
Program MIT ini dapat dilakukan dengan memberdayakan guru-guru di sekolah untuk membuat video pembelajaran yang menarik. Inisiatif ini dapat dimulai dari Kepala Sekolah hingga guru hebat. Ketika tokoh tersebut sudah terbentuk, sekolah dapat memberdayakan siswa pilihan terpandai untuk membuat video juga agar mereka termotivasi. Ini juga dapat disebut  Virtual Peer Teaching Student, dimana siswa mengajar siswa lain yang kurang bisa melalui video.

Produk video pembelajaran tersebut akan didisplay melalui VCD yang tersalur pada layar televise yang tersebar di tempat yang ditentukan. Selagi mereka di kantin, mereka dapat menonton video pembelajaran yang asyik dari orang yang disayanginya. Mereka juga dapat melihatnya di beberapa tempat. Tidak perlu banyak televise, satu atau dua saja sudah mewakili dan pasti memberikan dampak positif kepada mereka. Daripada mereka melihat sinetron yang belum tentu jelas arah pembelajaran, tentu akan sangat bermanfaat sekali jika dipergunakan untuk melihat video pembelajaran ini.
Ini dipandang penting ketika banyak murid yang tertinggal materi pembelajaran, akhirnya mereka dapat menontonya di televise. Ini berfungsi sebagai pengulangan pembelajaran yang sudah ada sesuai kompetensi dasar yang dipelajari di kelas.
Program MIT ini akan meramaikan khasanah pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas karena sekolah tidak hanya monoton mengajarkan muridnya secara kaku. Dengan program ini hak belajar mereka menjadi tertampung. Quality Assurance pun sebagian tercover oleh program ini.




Comments

Popular posts from this blog

The most expensive school in Indonesia

7 SMA Berasrama Terbaik Se-Jawa Timur

Trik Menghadapi Anak Didik Masa Kini